RSS

Arsip Kategori: Islam

Bangunkan ya Rabb


Sebenarnya saya sedang di zaman apa sih, ya Rabb?
Kok ada orang yang tega bantai saudaranya sesama muslim?
Kok ada manusia yang bantai manusia lain, bahkan mereka nampak begitu senang?
Kok ada manusia kuat yang ‘menghisap’ manusia yang lemah, bahkan selemah wanita, ibu, dan bayinya?
Bukankah yang kuat seharusnya melindungi yang lemah, ya Rabb?
Yang melenceng dianggap wajar, yang lurus dianggap menyimpang
Ini zaman apa sebenarnya ya Rabb?
Hah.. kuharap ini hanya mimpi ya Rabb..
Kuharap Engkau cepat bangunkan Aku ya Rabb..
Atau kuakan menjadi bagian dari saksi akan gusar-Nya Engkau
Dengan tingkah pola laku makhluk-makhluk yang Engkau ciptakan ini ya Rabb..
Kupikir… mungkin sebentar lagi diriku akan menyaksikan bagian antiklimaks dari mimpi-mimpi ini
Sebagaimana yang Engkau sampaikan kepada kami…
Yang di darat, yang di laut, yang di udara, semesta sudah menunjukkan kode-kodenya…
Tapi, kami, tuli, bisu, dan buta
Hingga Engkau, sebagai sutradaranya, akhirnya akan mengatakan ‘cut’
dan serta merta drama panjang ini pun akan berakhir

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 28, 2014 in Cerita kecil, Islam

 

Catatan KOAS Periodonsia


10-tip-reading-books-knowlegde-seo-dota-readTadaaaa… Selamat memasuki dunia koas, nak. Finally, you come to here, to the jungle! Ah.. masak sih, pikir saya waktu itu. Okelah, mari kita coba. Ya, hari itu, Senin, 3 Juni 2013, saya resmi jadi anak koas, koas gigi, catat itu. Dan Departemen yang pertama kali saya masuki adalah Departemen Periodonsia. Ohh.. departemen doorsmear itu ya? Apa katamu? Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 14, 2013 in Cerita kecil, Hobi, Islam, Perkuliahan

 

Di Titik Lemah Ujian Datang (2)


Iman dan Pengendalian
1_pink_20snow_20flowerAqidah kita mengajarkan, tak satupun terjadi di langit dan di bumi tanpa kehendak Allah. Allah berkuasa menahan keinginan datangnya tamu-tamu yang akan menghalangi kewajiban da’wah. Apa mereka pikir orang-orang itu bergerak sendiri dan Allah lemah untuk mencegah mereka dan mengalihkan mereka ke waktu lain yang tidak menghalangi aktivitas utama dalam da’wah? Tanyakan kepada pakarnya, aqidah macam apa yang dianut seseorang yang tidak meyakini Allah menguasai segalanya? Mengapa mereka yang melalaikan tugas da’wahnya tidak berpikir perasaan sang isteri yang keberatan ditinggalkan beberapa saat, juga sebenarnya batu ujian yang dikirim Allah, apakah ia akan mengutamakan tugas da’wahnya atau keluarganya yang sudah punya alokasi waktu? Yang ia beri mereka makanan dari kekayaan Allah? Read the rest of this entry »

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 13, 2013 in Islam

 

Di Titik Lemah Ujian Datang


1_pink_20snow_20flowerAkhirnya, dari beberapa kisah ini saya temukan jawabannya dalam satu simpul. Simpul ini ada dalam kajian tematik ayat Q.S. Al A’raf ayat 163: “ Tanyakan pada mereka tentang negeri di tepi pantai, ketika mereka melampaui batas aturan Allah di (tentang) hari Sabtu, ketika ikan-ikan buruan mereka datang melimpah-limpah pada Sabtu dan di hari mereka tidak bersabtu ikan-ikan itu tiada rumah rawat.” Mereka tak punya cukup keberanian untuk menyeruak rumah datang. Demikianlah kami uji mereka karena kefasikan mereka.” Secara langsung tema ayat tentang sikap dan kewajiban amar ma’ruf nahyi munkar. Tetapi ada nuansa lain yang menambah kekayaan wawasan kita. Ini terkait ujian. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 13, 2013 in Islam

 

Gairah Cinta dan Kelesuan Ukhuwah


ukhuwah1Karena bersaudara di jalan Allah telah menjadi kepentingan dakwah-Nya, maka “kerugian apa pun” yang diderita saudara-saudara dalam iman dan daa’wah, yang ditimbulkan oleh kelesuan, permusuhan ataupun pengkhianatan oleh mereka yang tak tahan beramal jam’I, akan mendapatkan ganti yang lebih baik. “Dan jika kamu berpaling, maka Allah akan gantikan dengan kaum yang lain dan mereka tidak akan jadi seperti kamu” (Q.S. 47:38). Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 13, 2013 in Islam

 
Sampingan

Bagi Abi mentoring itu lebih daripada ‘sesuatu’. Abi merasa bahwa berawal dari mentoring lah ia belajar untuk dewasa.  Kenangan saat mentoring adalah kenangan yang tak akan pernah  ia lupakan. Perkenalan pertamanya dengan mentoring ini sudah ada dalam skenario Allah. Ceritanya panjang.

Saat Abi pertama kali memasuki dunia Universitas, matanya terbelalak, ‘wow’ banyak sekali organisasi di kampus ini dan jujur Abi tidak terlalu suka dengan bau-bau organisasi ini. Ya.. itulah Abi. Abi dulu lebih suka untuk masuk ke ‘zona aman’ yakni zona dimana ia hanya disibukkan dengan urusan akademik perkuliahan. That’s all. T.I.T.I.K. Untuk organisasi? Oh tidak, terima kasih. Abi berpikir bahwa memikirkan kuliah saja sudah susah apalagi mau memikirkan yang lain.

Perkenalan Abi dengan mentoring berawal dari percakapannya di suatu siang bersama Hasan, temannya, usai pulang dari kuliah. Hasan mengajak Abi untuk ikut mentoring.Hasan berkata kepada Abi,  “Ayo ikut aja, Bi buat nemenin Aku mentoring, Aku ga ada temen nih buat mentoring, klo ga mau mentoring ga apa, tapi hari ini temenin Aku ya, tolong”. Saat itu Abi berpikir, ‘OK lah kucoba dulu, lagipula kasihan si Hasan ini sendirian’ (mentoring kok pake coba-coba -.-“). Dan eh.. kok asyik ya.. kita ditanyain perkembangan ibadahnya, ada ngajinya, ada hafalan Qur’an nya, ditanya kabar akademik, kesehatan, hingga masalah keuangan, dan ada…. makanannya… (betulan nih). Setelah pikir-pikir, Abi berpikir dalam hati ‘enak juga yah ada yang ngontrol perkembangan ibadah, akademik, hingga keuangan kita (klo lagi bokek, ada yang bantu *ngarep*),yang paling penting adalah ada yang mengingatkan di saat kita sedang futur (alias lemah iman).. WOW mentoring ini MANTAP’. Inilah efek yang  ia rasa, klo kata orang ‘Pertemuan pertama begitu menggoda’. Dan mentoring emang bener-bener begitu menggoda bagi Abi.

Selanjutnya…. Jangan ditanya.. ada berbagai warna yang mewarnai mentoring Abi dan Hasan selanjutnya. Ada sedihnya, ada senangnya. Sedih saat ada teman satu mentoring yang harus pindah ke mentoring yang lain. Senang karena… makan-makan… (hussssh), salah satunya karena ta’liful qulub (ikatan hati) yang terjadi di antara sesama anggota mentoring, saling membantu, saling meringankan beban saudara, menghibur saudara yang sedang susah, berfastabiqul khoirot bersama, SUBHANALLAH indah dan begitu nikmat. Dan yang semula Abi pikir bahwa mentoring bakal mengacaukan akademiknya ternyata itu semua SALAH. Justru sekarang mentoring adalah obat termanjur saat Abi merasa jenuh dengan akademik.. dan sekaligus tempat untuk mere-Charge baterai semangat untuk berprestasi. Mau?

Yah.. ikutlah mentoring.Image

Abi dan Mentoring

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 19, 2012 in Cerita kecil, Islam

 

JZK


Jazakumullahu khoiron

Bukan hanya sekedar basa-basi atau guyon

Walau sederhana, tapi ia bercahaya bagai neon

Jazakumullahu khoiron

Semua tak akan terjadi tanpa kehendak dari Robbi, Ya Dzul Jalaali wal Ikroom

Untuk perjalanan yang selalu tak pernah terlewat untuk DIa tonton

Jazakumullahu khoiron

Untuk segala kebaikan yang tak bisa diukur dengan satuan “ton”

Untuk segala nasehat yang manfaatnya tidak hanya cukup bila diangkut dengan tronton

Teruntuk sohib-sohib yang telah mewarnai hidupku seperti crayon

#Fourtimesfourroom-Musimskripsiditanahrantau

Jum’at, 17 Sya’ban 1433H

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 6, 2012 in Cerita kecil, Islam