RSS

Workshop PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) tahun 2011

12 Feb

Diselenggarakan oleh SGC (Smart generation Community) USU

Medan, Rabu, 9 Februari 2011.

Smart Generation Community yang merupakan wadah bagi para mahasiswa di USU untuk mengembangkan minat dan bakatnya khususnya yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK, mengadakan sebuah acara yakni Workshop PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) tahun 2011. Acara ini diselenggarakan dalam rangka menumbuhkan minat para mahasiswa di USU untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan PKM tersebut. Terlebih lagi mengingat bahwa pengumpulan proposal PKM yang merupakan salah satu program DIKTI (Dinas pendidikan perguruan tinggi) ini akan dilaksanakan paling lambat pada tanggal 28 Februari 2011. Artinya, bagi para mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan tersebut hendaklah sudah mulai untuk mempersiapkan hal-hal apa saja yang harus dilakukan karena tentunya pengumpulan proposal ini tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Dasar pemikiran dari diselenggarakan program ini adalah bahwa lulusan perguruan tinggi saat ini dtuntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thnking, management skill, serta communication skill yang baik yang mana kekurangan dari salah satu keterampilan tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan.

Dr. Ir. Herla Rusmarilin, koordinator  bidang minat dan penalaran ilmiah UBK Sahiva, sekaligus staf pengajar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian USU yang menjadi pembicara dalam acara tersebut menjelaskan bahwa jumlah proposal yang didanai oleh DIKTI untuk Universitas Sumatera Utara masih tergolong sedikit dibandingkan dengan universitas-universitas lain di Indonesia. Di antara universitas-universitas di Indonesia, Universitas Gajah Mada (UGM) lah yang paling banyak proposal yang didanai oleh DIKTI yakni sekitar 900 proposal, yang disusul oleh IPB dan ITB. Untuk USU sendiri, dari 144 proposal yang diajukan, yang mendapat insentif hanya 21 proposal saja. Hal ini sangat miris mengingat jumlah mahasiswa USU yang begitu banyak yakni lebih dari 12.000 mahasiswa. Artinya, minat mahasiswa USU untuk mengikuti program PKM ini masih kurang. Sangat disayangkan, padahal untuk setiap proposal yang diterima DIKTI memberikan insentif dengan jumlah yang tidak sedikit yakni mencapai 7 juta rupiah dan  3 juta rupiah untuk PKM-AI dan PKM-GT.

Dalam penilaian proposal, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi yakni ditinjau dari level kreativitas dan orisinalitas karya. Hal ini dimaksudkan agar ide yang akan direalisasikan merupakan buah pemikiran dari kelompok mahasiswa tersebut, bukan dari dosen pembimbingnya. Dosen pembimbing PKM hanya bertugas mendampingi mahasiswa dan bukan menjadikan mahasiswa sebagai bagian dari bagian riset dari dosen pembimbimng. Selain itu, beliau juga menyebutkan pula bahwa sebaiknya dalam satu kelompok mahasiswa tersebut terdiri atas lebih dari satu disiplin ilmu agar terlihat bahwa kreativitas yang diajukan di dalam proposal tersebut memang memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat. Hal lain yang juga disebutkan oleh beliau adalah bahwa dalam anggota di dalam satu kelompok sebaiknya terdiri dari minimal dua angkatan yang berbeda dengan tujuan agar terjadi regenerasi yang berkelanjutan yang dapat melanjutkan proyek yang telah didanai tersebut ketika ada anggota  sudah menamatkan pendidikannya di bangku kuliah kelak. Sebagai tambahan, untuk setiap mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul PKM yang  disetujui untuk didanai, sedangkan untuk seorang dosen pembimbing/pendamping hanya diperkenankan sebagai pembimbing maksimum tiga judul/kelompok pelaksana PKM.

Untuk tahun kemarin, fakultas di USU yang didanai oleh DIKTI diantaranya adalah fakultas ekonomi, hukum, sastra, dan beberapa fakultas lainnya.

Sejak Januari 2009, DP2M mengelola 6 jenis bidang PKM, yakni PKM-P (Program Penelitian), PKM-T (Teknologi), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian kepada Masyarakat), PKM-AI (Artikel Ilmiah), dan PKM-GT (Gagasan Tertulis). Selanjutnya setiap usulan dalam setiap bidang PKM dikelompokkan lagi  ke dalam tujuh kelompok bidang ilmu, yakni; bidang kesehatan, pertanian, MIPA, teknologi dan rekayasa, sosial  ekonomi, humaniora, serta pendidikan.

Akhir Februari 2011 ini merupakan batas pengumpulan proposal untuk PKM-AI dan PKM-GT. Oleh karena itu, untuk pembahasan selanjutnya kita akan membahas kedua jenis PKM itu saja.

PKM-AI

Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri (studi kasus, praktek lapangan, KKN, magang, dan  lain-lain).

Kriteria PKM-AI

NO KRITERIA KETERANGAN
1. Inti Kegiatan Karya kreatif, dalam penulisan artikel ilmiah
2. Materi kegiatan Karya kelompok yang telah dilaksanakan
3 Strata pendidikan Diploma, S1
4 Jumlah anggota 3-5 orang
5 Alokasi pendanaan Insentif Rp. 3 juta
6 Laporan akhir Artikel
7 Luaran Artikel Ilmiah
Cat: PKM-AI tidak bermuara ke PIMNAS


Struktur usulan PKM-AI

Struktur usulan PKM-AI terdiri atas kompnen-kompenen berikut:

  1. Judul
  2. Nama penulis
  3. Abstrak
  4. Pendahuluan
  5. Tujuan
  6. Metode

VII.  Hasil dan pembahasan

  1. Kesimpulan dan daftar pustaka

 

Penilaian PKM-AI

NO KRITERIA BOBOT
1 JUDUL 5
2 ABSTRAK 10
3 PENDAHULUAN 10
4 TUJUAN 5
5 METODE 25
6 HASIL DAN PEMBAHASAN 30
7 KESIMPULAN 10
8 DAFTAR PUSTAKA 5
TOTAL 100

PKM-GT

Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari idea tau gagasan kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu actual uang dapat ditemukan di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistik.

Kriteria

NO KRITERIA KETERANGAN
1. Inti Kegiatan Karya tulis dalam penuangan gagasan/ide kreatif
2. Materi kegiatan Karya kelompok
3 Strata pendidikan Diploma, S1
4 Jumlah anggota 2-3 orang
5 Alokasi pendanaan Insentif Rp. 3 juta
6 Laporan akhir Artikel
7 Luaran Gagasan kreatif yang tertulis
Cat: PKM-GT bermuara ke PIMNAS

Penilaian PKM-GT

Format penilaian karya tulis

NO KRITERIA BOBOT
1 FORMAT MAKALAH 15
2 GAGASAN 40
3 SUMBER INFORMASI 25
4 KESIMPULAN 20
TOTAL 100
NILAI ARTIKEL 60%

 

Format penilaian presentasi di PIMNAS

NO KRITERIA BOBOT
1 PEMAPARAN 20
2 GAGASAN 50
3 DISKUSI 30
TOTAL 100
NILAI ARTIKEL 40%

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membuka situs DIKTI berikut: http://www.dikti.go.id/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 12, 2011 in Hobi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: